Cerita PCOS (7)


Waktu lebaran 2022, saya dan suami mudik ke Ngawi (rumah nenek suami) dan ke Solo (rumah nenek saya). Nah, saat perjalanan dari Solo ke Ngawi, kami mampir dulu ke Bonyolali untuk pijet sama namanya H.Ridwan. Tempat pijetnya ini atas rekomendasi budhenya suami. Awalnya saya kan takut kalau yang mijet laki waduh bakalan sakit banget ini, kayak cerita saya sebelumnya.  Tapi setelah googling katanya sih si Mbah Ridwannya sudah meninggal dan digantikan anak-anaknya yang perempuan. Kami sempet tersesat karena memang ancer-ancer dari budhe kurang jelas, tapi akhirnya nemu juga rumahnya. Di depan rumahnya ada plang tulisan "H.Ridwan" gitu, kayaknya emang udah terkenal apalagi udah masuk google segala wkwk. Ternyata yang mijet saya dan suami adalah dua mbah-mbah perempuan kakak adik, anak dari Mbah Ridwan. Kami dipijet di bagian perut, punggung, dan kaki. Karena sudah mbah-mbah, jd ya buat suami kayak di nyet-nyet doang hehe. Tapi buat saya yang nggak seneng pijet, ada rasa nyut-nyut dikit. Kami diminta minum jamu yang isinya campuran dari 9 daun (lupa nama daunnya apa aja, warna hijau pekat,bau jamunya kayak bau daun seger gitu) dan suami disuruh makan telur kampung. Harusnya sih kami disuruh balik lagi ya, tapi ya gimana kan agak susah di luar kota. Bayar pijetnya seikhlasnya tapi untuk jamunya bayar 30 ribu apa ya (maap beneran lupa). 

Setelah itu suami kena ACL dan harus operasi segala macem sehingga promil ke dokter off dulu selama hampir 6 bulan. Selama libur promil dokter, ibu mertua rajin ngasi jamu isiya rebusan temulawak, kunyit, dan daun beluntas. Kebetulan bapak mertua dari Mekkah juga mbawain buah dzuriyat, kurma muda, kacang ijo, dan air zamzam yang udah didoain disana. Alhamdulillah...

Bulan September 2022 saat suami sudah enakan, kami putuskan untuk kontrol ke Klinik ElShafi. Tapi ternyata Prof Bus lagi di Belanda dan akhir-akhir ini sering nggak praktek. Beliau sering digantikan anaknya, yaitu dokter Alfin. Saat konsul dengan dokter Alfin, beliau sudah nyaranin apa mau nyoba bayi tabung. Tapi saat itu kami minta minum obat clomiphen biasa dulu aja dan wacana bayi tabung ini mau kami pikirin dulu. 

Karena dokter Alfin sudah nyinggung IVF/bayi tabung dan kami memang ada niatan untuk menjajaki promil itu jika memang belum berhasil (apalagi saya berumur 30 tahun depan), sejak dari klinik hari itu kami aktif cari info mengenai program bayi tabung yang ada di Surabaya. Di Surabaya, program bayi tabung bisa dilakukan di:

  • Klinik Fertilitas RSUD Soetomo yang ada di Graha Amerta (waktu saya menjalani proses OPU dengan Prof Bus disini)
  • RSIA  Ferina
  • Klinik Tiara Cita di RSIA Putri
  • Klinik Fertilitas Signum di RS Husada Utama
  • Morula IVF di National Hospital
  • Asha Fertility Center

Kami juga nanya-nanya ke teman/kolega yang memang pernah menjalani program bayi tabung di tempat-tempat tersebut. Pilihan kami mengerucut ke Morula IVF. Kami rajin ikut sesi webinar Morula maupun mendatangi booth mereka di TP untuk sesi konsultasi gratis dengan dokternya. Qadarullah saya haid setelah dicoba dengan metode obat penyubur sehingga saat hari haid ke-2 kami datang ke Morula IVF Surabaya dengan niatan untuk menjalani program bayi tabung. 

Untuk proses bayi tabung ini akan saya buatkan tulisan sendiri ya di postingan berikutnya :) 


Comments

Popular Posts