Cerita PCOS (6)


Setelah melakukan laparoskopi pada Mei tahun lalu, sama Prof memang disuruh istirahat program dulu. Katanya ditunggu kira-kira 4-5 bulan lagi. Kalau masih belum hamil, bulan Oktober 2021 baru disuruh kontrol ke klinik lagi.

Selama nunggu itu, saya ngikut sarannya ortu buat nyoba "pengobatan alternatif" yang namanya tusuk jari. Tempatnya di rumah bapak-bapak deket Kenjeran gitu deh. Saya dapet infonya dari nenek, yang denger dari tetangga kalau ada yang pernah kesana dan habis itu hamil. Yaa sudahlah dicoba aja ditemenin mama. Dibolehin sama suami soalnya katanya nggak pegang perut (lagian kalo cowok saya juga nggak mau!), cuma kakinya aja katanya yang "ditusuk". Waktu sampek sana antri...emang kayaknya udah terkenal karena "pasien" nya ngalir terus, orang sekitar situ juga udah hafal banget sama bapaknya, dan rumah bapaknya gede dibanding rumah orang-orang lain di kampung itu (sukses lah maksudnya). Untungnya pas itu nunggu nggak lama. Ada bapak-bapak yang lumpuh masuk duluan sebelum saya itu kedengeran teriak-teriak pas di dalem. Waduh bakal diapain ini, batin saya. Pas giliran saya, saya disuruh tengkurep terus kaki saya mulai dicubit-cubit. Literally dicubit sih itu, bukan ditusuk ya kalau menurut saya. Sakit bangett dan saya nggak kuat akhirnya agak teriak juga 😖. Kira-kira 10 menit-an lah digituin dan setelah selesai saya dikasi 1 botol jamu sirih. Bayarnya disini seikhlasnya, saya ngasi 100ribu pas itu. Habis itu saya ngerasa lini-linu dan bekas "cubitannya" berubah jadi lebam. Sumpah kayak bekas KDRT. Saya sedih banget liat badan saya digituin😭. Baru hilang semuanya sekitar 2 mingguan. Mama saya sempat ngajak kesana lagi tapi saya nggak mau.

Bulan ke-5 pasca laparoskopi, ternyata saya masih haid sehingga saya kontrol lagi ke klinik. Sama Prof treatment nya dimulai dari awal lagi yaitu konsumsi letrozole. Letrozole ini obat untuk stimulus perkembangan ovum dan nggak punya efek negatif ke endometrium. Karena ada obat penstimulus lain yang memang bikin endometrium menipis. Qadarullah saya masih haid setelah itu dan siklus pengobatan dengan letrozole diulang lagi. Tapi, saya masih haid juga setelahnya. Dari bulan Desember 2021-Februari 2022 saya nggak kontrol ke Prof karena kebetulan suami lagi sibuk.

Bulan Maret 2022, kami putuskan untuk kontrol. Prof heran banget soalnya tiap dikasi stimulus hasil ovum saya itu bagus, selalu ada yang besar. Kelainan anatomi dan lainnya sudah dicek nggak ada. Tapi belum bisa hamil juga. Yah memang untuk urusan ini semuanya hak prerogatifnya Allah ya. Sama Prof dicoba kombinasi letrozole dengan suntik hormon estrogen 3x, ditambah myo inositol (baru kali ini dikasi). Dosis letrozole nya dikurang separuh karena takut overstimulasi. Waktu kejadian dulu yang tiba-tiba mau dilakukan bayi tabung itu telur saya ada 8, itu dengan kombinasi letrozole 10 biji dan suntik 3x. Sepertinya tubuh saya dengan dosis sedikit sudah merespon dengan baik makanya perlu diperhatikan dosis juga agar telur yang besar hasilnya nggak terlalu banyak. Alhamdulillah hari ke 12 setelah stimulasi, waktu dicek ada 2 telur yang besar dan kami diberi jadwal penanggalan biasa. Setelah menunggu 2 minggu tepat setelah obat penguat rahim habis, qadarullah saya masih haid...

Comments

Popular Posts