Pake Behel (Lagi)


Saya lumayan khatam juga tentang perawatan gigi. Waktu saya SD, susunan gigi saya tuh berantakan banget. Gigi atas maju (hampir tongos) sedangkan gigi bawah tumpuk-tumpuk, ada yang dempet ada yang miring gitu, intinya kacau wkwk. Kenapa kok bisa gini? Karena rahang saya kecil kayak mama, tapi giginya gede-gede kayak ayah. Dan adik-adik saya juga sama kayak saya, gigi mereka nggak rapi. Cuma dari kami bertiga kayaknya saya yang paling parah. Mama sendiri sejak jaman mudanya punya banyak masalah sama gigi. Pernah dioperasi gusi sampai dipasang behel juga meski nggak sampai kelar perawatannya.

Karena pengalaman mama saya sendiri, beliau aware banget dengan kondisi gigi saya sejak saya menampakkan tanda-tanda gigi berantakan. Waktu saya kelas 4 atau 5 SD gitu, sekitar tahun 2003, saya sudah dibawa ke orthodonthist di Surabaya. Tahun segitu masih belum banyak dokter gigi ortho yang ada. Salah satu yang paling terkenal waktu itu adalah drg. Jusuf Sjamsudin, Sp. Ort yang prakteknya ada di Jl. Cempaka. Saya masih inget banget kalo kontrol itu nunggunya harus berjam-jam karena antriannya selalu puanjang. Antri 2-3 jam tapi pas masuk cm 10 menit wkwk. Waktu itu gigi saya harus dicabut 4 biji, 2 gigi susu dan 2 gigi permanen. Seinget saya sakit sih waktu pake behel itu, tapi saya cuma nangis sekali aja pas puasaan karena nggak bisa makan. Sisanya, ya masih bisa ditahan lah sakitnya. Saya pakai behel ini kira-kira 2,5 tahun sampai kelas 1 SMP. 2 tahun pakai yang permanen, setengah tahun yang pake behel lepasan. Jujur enakan yang permanen loh karena saya nggak perlu ribet pasang copot kawatnya. Untuk di dokter Jusuf waktu total paketannya 10 juta itu all in untuk perawatan behel yang biasa (bukan yang jenis clear/transparan yang lebih mahal), jadi tiap kontrol nggak perlu bayar lagi selama 2  tahun itu. Oh iya efek dari pemakaian behel yang lama adalah saya nggak bisa gigit makanan. Apapun saya potek dulu jadi kecil biar bisa langsung makan dan kebiasaan ini kebawa sampai saya udah copot behel.

Sebenernya apa sih  behel itu? Diambil dari web HelloSehat, behel adalah alat berbasis kawat yang digunakan oleh ortodontis untuk memperbaiki gigi atau rahang yang tidak rata dan gigi yang bertumpuk. Tujuannya untuk mengatasi beberapa masalah kesehatan seperti gigi tidak rata, plak, gigi tidak beraturan, pola gigitan yang tidak benar, bakteri, penyakit gusi , dan lain-lain. Nggak enaknya pakai behel adalah yang pertama pasti sakit, bikin sering kegigit karena perubahan bentuk mulut, sering kebentur antara behel dengan bibir atau bagian dalam pipi atau lidah yang akhirnya bikin luka atau berdarah dan berujung pada sariawan.

Sumber : FDC Dental Clinic



Sumber: toothsignature.com


Setelah perawatan behel selesai pas jaman SMP itu saya selama setengah sampai satu tahun masih pake behel yang non permanen. Fungsinya cuma menjaga aja biar giginya tuh nggak berubah-ubah lagi. Sama dokter Jusuf disuruh pakai behelnya pas tidur aja dan selama nggak ada keluhan, nggak usah kontrol lagi. Jadi bertahun-tahun setelah itu saya nggak pernah kontrol dan behel non permanen pun saya nggak pakai (males lah ya! wkwkw). Nah, beberapa tahun belakangan ini emang keliatan banget kalo gigi saya yang bawah ada yang miring lagi dan gigi atas mulai maju ke depan. Tapi nggak kepikiran buat pasang behel lagi, kayak buat apa gitu udah males haha. Lagian keluar duitnya juga nggak dikit dan perubahan yang ada nggak ganggu-ganggu banget kok. Trus apa yang bikin saya dibehel lagi?

Ceritanya gara-gara pas saya kena GERD di akhir tahun 2018. Saya kan dibawa suami ke dokter spesialis penyakit dalam konsulen gastro. Waktu cek-cek tubuh saya, dokternya ngomentarin susunan gigi saya yang berantakan. Terus kata beliau, produksi asam lambung saya yang mungkin terlalu banyak bisa karena berbagai faktor, salah satunya bisa karena faktor anatomi pencernaan. Contohnya, struktur mulut dan gigi itu ngaruh juga karena masih termasuk dalam sistem pencernaan. Dari situ, suami bilang ke saya kalau dia punya duit ntar dia pingin pake behel lagi (suami dulu pernah pake pas sebelum nikah tapi habis itu berhenti tengah jalan) dan saya juga ikut pake aja sekalian. Akhirnya, niatan itu terealisasi di tahun 2020 sekitar bulan Oktober. 

Kali ini, saya dan suami perawatan gigi di Orthodontist.id by drg. Dhani Agustina Sp.Ort. di Jl. Klampis Harapan. Kenapa kesini? Awalnya cuma riset by google aja mana dokter ortho yang dekat dengan tempat tinggal kami. Setelah itu saya chat beberapa klinik tersebut untuk nanya harganya dan pilihan jatuh ke dokter Dhani ini. Ternyata sekarang sudah ada teknologi baru yang namanya Behel Damon. Katanya sih lebih cepet perawatannya, lebih nggak sakit, dan nggak perlu kontrol sering-sering ke dokter. Tapi ya harganya lumayan juga hehee sekitar 20 juta, kalau yang clear/transparan maka lebih mahal lagi. Untuk perawatan behel konvensional di dokter Dhani kena 7,5 juta plus tiap kontrol bayar 175 ribu. Tentunya kami pilih yang konvensional aja wkwk. Apa bedanya behel konvensional dengan behel damon, bisa baca artikel ini ya. 

Udah setahun lebih saya pake behel lagi dan alhamdulillah gigi udah balik rata kayak dulu. Saya pinginnya sih segera dicopot ya tapi kata dokternya gigi atas saya masih belum mundur bener. Maunya dokter sih saya disuruh operasi gigi belakang saya biar hasilnya lebih maksimal gitu. Tapi jujur saya udah males operasi segala macem, apalagi biaya kalau operasi satu gigi itu 2,5 juta. No thank you wkwk. Saya rasa udah cukup lah kayak gini, semoga aja bisa segera dilepas aamiin!


Sumber: globalestetik.com


Comments

Popular Posts