Cedera Ligamen ACL (Pre-Op)


Apa itu ACL?

Sore hari tanggal 19 Mei 2022 suamiku jatuh trus dari lututnya kedengeran suara "klek" yang keras. Waktu itu suami udah yakin banget kayaknya dia kena ACL karena ada bunyi tadi dan juga sakitnya minta ampun. Awalnya mau langsung dibawa ke IGD, tapi setelah suami nanya ke temen-temennya kalau cedera lutut itu di IGD juga percuma nggak bakal diapa-apain, karena kondisi lututnya masih "panas". Akhirnya diputusin dirawat di apartemen aja dengan cara dikompres pake ice gel/ice pack dan posisi kaki ditinggikan. Malem itu juga beli obat-obatan pereda nyeri, knee support, tensocrepe, sama kruk buat jalan. 

Jadi apa ACL itu? ACL adalah kepanjangan dari anterior cruciate ligament (ligamen lutut anterior atau depan), salah satu dari empat ligamen utama di sendi lutut. Fungsi ACL membantu menjaga stabilitas rotasi lutut dan mencegah tibia (tulang kering) tergelincir di depan tulang paha (tulang paha). Cedera ACL termasuk salah satu jenis cedera lutut paling umum dan menyumbang sekitar 40% dari semua cedera terkait olahraga (sumber). 

Hasil MRI

Besok paginya, kami langsung ke RS Husada Utama buat minta surat pengantar MRI dengan Dokter Herman. Waktu diperiksa beliau katanya kayaknya sih nggak parah, tapi memang tetep harus di MRI untuk lebih jelasnya. Kami diberi surat untuk MRI di New Brain Clinic, katanya beliau di Surabaya disitu yang paling murah dan bagus untuk MRI. 

Hasil MRI menunjukkan adanya joint effusion (adanya cairan) makanya lulutnya bengkak, complete tear proximal ACL (ligamen ACL nya putus total), adanya robekan kapsul sendi yang mengarah pada posterolateral corner (PLC) injury. Hasil MRI ini kami bawa konsul ke Prof Dwikora di RS Al-Irsyad, Menurut beliau ACL nya pasti, tapi untuk PLC nya belum tentu. Suami diberi rujukan untuk rehab sebelum operasi di Dokter Damayanti yang praktek di RS Husada Utama. Syarat layak operasi adalah masa akut sudah lewat yang bisa ditunjukkan oleh hilang bengkak, minim rasa sakit, otot atas lutut kuat/cukup keras, dan lutut bisa nekuk 90 derajat (gerakan dirasa sudah cukup luwes). 

Rehab Pre-Operasi

Suami menjalani rehab/fisioterapi selama 6 minggu sebelum dinyatakan layak buat operasi. Menurut Dokter Maya harusnya kalau cuma ACL aja itu cepet, tapi mungkin karena ada sobekan kapsul sendi yang bikin rasa nyerinya itu nggak hilang-hilang. Rehabnya bisa dibagi jadi 2 jenis, yaitu yang menggunakan alat dan latihan gerakan-gerakan. Alat-alatnya ada Short Wave Diathermy (dipanasin),  Transcutaneous Electrical Nerve Stimulation (diberi aliran listrik, sama dilaser (buat suami manjur banget buat ngurangin rasa nyeri dan setelahnya gerakan kaki jadi lebih enakan). Untuk latihannya, ada banyak banget macemnya, contohnya latihan nekuk biasa (heel slide), latihan neku di dinding (wall slide), isometrik, SLR,co-kontraksi, dll. Karena suami ke RS seminggu 2-3 kali buat rehab (mahal wkwk sekali dateng bisa kena 300an), maka dia rajin latihan sendiri di rumah. Set gerakannya itu dilakuin beberapa kali dalam sehari, asal masih batas toleransi ya (nggak overused). Kalau ngerasa nyeri atau capek mending istirahat aja. Kalau kata suami sih biar kakinya bener-bener sembuh, operasi itu cuma nyumbang 30% aja, 70% nya adalah rajin rehab/fisioterapi untuk  melatih kakinya. Jadi percuma kalau operasi aja tapi males latihan, karena nanti hasilnya nggak maksimal, bisa pincang-pincang gitu. Saat posisi 6 minggu pasca cedera itu, suami sudah boleh lepas kruk dan jalan biasa (tapi tetap hati-hati dan meminimalkan ngasi beban ke kaki kanan). Lutut sudah bisa nekuk leluasa sekitar 90 derajat, cuma belum bisa sholat terutama duduk tahiyat.



Pake knee brace sama kinesio tape (tapi tape nya salah makenya waktu ini wkwk, ini cara pake jenis stabilitator)


Lagi pake SWD

Lagi pake TENS

                                                          Cara pasang kinesio tape untuk mengurangi rasa sakit

Comments

Popular Posts