Pantai Malang Selatan

Kalau denger kata Kota Malang, saya teringat akan Kota Batu, Jatim Park, theme park dengan wahana seru, gunung, cwimie, bakso, dan banyak cafe-cafe lucu yang bisa dikunjungi. Waktu saya gede, saya baru ngeh kalau Malang yang biasanya saya kunjungi itu Kota Malang dan Kota Batu saja, sedangkan ada yang namanya Kabupaten Malang. Kabupatennya ini yang daerahnya lebih luas sampai ke selatan Pulau Jawa, dan di daerah Malang Selatan itu banyak pantai yang membentang.

Saya pertama kali diajak suami ke pantai di daerah Malang Selatan pada tahun 2018, sebulan apa dua bulan setelah nikah gitu setelah rencana hanimun ke Lombok gagal gara-gara gempa wkwk.  Waktu itu  kalau nggak salah kami nginep 2 malam di hotel di Malang. Perjalanan ke Malang Selatan sendiri makan waktu yang lumayan lama, kurang lebih 3 jam. Jalan menuju pantainya itu berliku-liku trus nggak semuanya sudah diaspal, alias masih jelek wkwk. Kami berangkat kayaknya menjelang dhuhur gitu, pokoknya sampek sana siang.  Saya ditunjukin suami sebenernya pantai di Malang Selatan tuh berderet-deret, cuma namanya aja nanti yang beda-beda gitu.Destinasi pertama yaitu Pantai Sendang Biru yang banyak kapal nelayan dan banyak yang jualan ikan-ikanan segar yang bisa kita nikmatin langsung disana. Sayangnya waktu kita dateng itu pantainya lagi surut dan habis dari Pantai Sendang Biru itu cuaca mendung yang berakhir dengan gerimis heuu...gimana lagi yak 😅 Karena sudah jauh-jauh kesana yaudah diterusin aja ngunjungin pantainya toh belum hujan yang deres gitu. Setelah dari Sendang Biru kami mampir ke Pantai Bajul Mati, Pantai Goa Cina, dan yang terakhir saya lupa namanya wkwk. Tapi adanya impresi saya tentang Pantai Malang itu serem, karena pas mendung dan gerimis itu langitnya gelap dan ombaknya gede banget, denger suaranya aja udah nakutin hehe. Di pantai terkahir yang kami kunjungi, suami sempet njebur dan kita nungguin sunset yang bisa ditebak nggak keliatan karena mendung hahaha.Tapi enaknya pas itu sepi banget sih jadi pantainya serasa milik berdua... 😝

Pantai Sendang Biru

mendung yang seram

Bajul Mati

Pantai Goa Cina

Nah Lebaran tahun 2022 ini saya berkesempatan ke pantai-pantai di Malang Selatan lagi. Kali ini saya pergi sama Febi & Nerin. Awalnya Febi ngajak liburan hiking Gunung Batur di Bali. Setelah liat-liat reviewnya hmm kok agak serem ya, dan sejujurnya saya setelah naik Ijen dulu di tahun 2014 itu rasanya males kalau disuruh naik gunung lagi wkwk. Trus agak nggak jelas gitu, Febi maunya ke gunung sedangkan Nerin maunya ke pantai, dengan budget mereka yang beda-beda. Saya sebagai pihak yang merancang acara (sok banget wakakak tapi suka sih) agak bingung enaknya gimana ya yang tengah-tengah. Apalagi nyari travel yang available dengan harga masuk akal waktu libur lebaran juga susah-susah gampang. Udah mbatin paling nggak jadi nih short tripnya, tapi untungnya kesampaian hehe. Saya mikirnya paling gampang yaudah liburan ke Batu Malang aja dengan nyewa mobil dari travel pas saya ke Bromo tahun lalu. Untungnya mereka ada mobil dan drivernya terus biayanya 1,2 juta udah all in tinggal dibagai 3 aja, okelah harga segitu waktu peak season gini. Untuk destinasinya, diputuskan ke Pantai Balekambang dan Pantai Teluk Asmara, saran dari Achan yang habis dari sana katanya sih bagus. Trus dari situ ketemuan sama Caca di Concrete Cafe di Batu. Awalnya kita mikir mau nambah 1 destinasi lagi tapi kata travel Malang Selatan itu udah jauh dan makan waktu banget, jadi kayaknya nggak bakal keburu untuk one day trip kalau mau muter ke tempat lain lagi.

Kami berangkat tengah malem biar bisa liat sunrise di pantai. Perasaan ya jalannya lebih jelek daripada pas saya ke pantai Malang Selatan 2018 lalu wkwk. Jam 4 pagi kami sudah sampai di Pantai Balekambang dan stand by buat nungguin sunrise. Sayangnya sunrise nya nggak begitu bagus,nggak keliatan buletnya gitu. Jadi cuma keliatan semburat warna aja. Mungkin Pantai Balekambang bukan posisi yang pas buat ngeliat sunrise kali yaa, soalnya nggak mendung juga sih pas itu. Saya kaget waktu sudah terang baru keliatan kalau disitu banyak sekali sampah bertebaran. Ya Allah sedih banget ngeliatnya, kotor dan jijik gitu loh :( Mana suara deburan ombaknya itu ketutup sama suara lagu koplo yang super kenceng. Saya sampai ngamatin ternyata sepanjang pantainya itu ada 3 speaker buat muter lagu koplo itu. Jujur annoying banget...Kami sempet nyusurin pantai buat menuju pura yang menjadi ikon Pantai Balekambang (jadi berasa di Bali), jalannya lumayan jauh tapi lumayan lah buat olahraga. Di daerah pura situ ternyata ruame banget, banyak mobil-mobil dan kemah orang-orang yang sudah nginep semaleman. Penginapan kecil kayak home stay ternyata juga banyak disitu. Kalau mau makan, mandi atau ke toilet atau sholat juga nggak susah, banyak warung yang nyedian fasilitas itu tinggal pilih aja yang bersih.

Menuju sunrise

Pura Luhur Amertha Jati di Pulau Ismoyo yang terletak di Pantai Balekambang

Setelah puas eksplor Pantai Balekambang, sekitar jam 8 pagi kami pindah ke Pantai Teluk Asmara. Jalan menuju pantainya belum ada yang diaspal. Oh iya ada biaya masuk dan biaya parkir ya kalau kita mau masuk ke pantai. Tapi terjangkau banget kok, kisaran 10-15 ribu per orang. Habis mobil diparkir, kami harus mendaki tangga yang lumayan dan setelah itu harus turun tangga lagi untuk sampai di bibir pantai. Tapi semua itu terbayar dengan pemandangannya, masyaAllah bagus bangeettt! Langit cerah, lautnya biru, nggak seberapa rame orang, nggak ada musik koplo, pantainya juga masih bersih, perfect lah buat nikmatin pantai 😍 Tapi ombaknya emang gede, jadi udah ada tulisan kalau dilarang berenang disitu, jadi kami main-main air di pinggiran aja. Setelah puas main, kami mandi karena badan penuh pasir, trus langsung cus ke Batu. Karena masih suasana lebaran ya, jalan masih rame meski nggak macet, dari Pantai Teluk Asmara sampek Batu makan waktu 4 jam! wkwk. Tapi emang jauh sih, dari pantai trus pindah ke gunung. Untungnya rasa capek terbayar dengan vibe nya Cafe Concrete yang nyaman dan pemandangan Kota Batu yang indah.

Pantai Teluk Asmara

Pemandangan Kota Batu dari Cafe Concrete

Begitu lah cerita one day trip libur lebaran 2022 ini. Semoga ada kesempatan buat jalan-jalan yang lebih jauh lagi hihi aamiin!