Catatan Trisemester Pertama

Lanjutan dari cerita sebelumnya yaa...

Hasil Tes beta hCG 

Hari Jumat tanggal 31 Maret 2023 pagi saya datang ke Morula untuk  tes Beta-hCG. Waktu itu saya udah pasrah banget sih, kayak nothing to lose, udah siap denger hasil terburuk karena pendarahan beberapa hari sebelumnya itu. Nah kata susternya nanti yang ngasi tau hasilnya langsung dokter Benny, jadi saya disuruh nunggu aja mungkin siangan atau sorean. Saya inget waktu itu saya lagi tiduran di kamar apartemen ditemenin adek dan suami masih kerja di RS. Tiba-tiba ada nomor nggak dikenal telpon ke WA saya dan saya kaget pas liat profpict nya dokter Benny, rasanya ndredeg banget hehe. Alhamdulillah Allahuakbar saya dinyatakan hamil ! Waktu saya buka WA ternyata dokter Benny juga ngechat dan ngirim hasil tes b-hCG nya, angkanya waktu itu 1378. Rasanya kayak orang linglung, nangis aja enggak 😅 Waktu suami pulang pun kita nggak ada yang nangis wkwk saking udah nyiapin mental kalau hasilnya negatif. Saya nangisnya waktu telponan sama mama dan ibu mertua karena beliau berdua yang nangis-nangis hehe. 

Besoknya jam 6 pagi saya ke Morula (Dokter Ben mau pergi jadi nyediain waktu pagi-pagi sekali buat ketemu pasien) buat dapet instruksi selanjutnya harus ngapain. Saya diberi vitamin dan obat-obatan penunjang untuk penguat rahim lalu disuruh tes lab. Vitamin dan obat yang saya gunakan antara lain:

  • Nutrimama untuk trisemester pertama 
  • Vitamin E (weeks keberapa gitu diberhentiin, sorry lupa pastinya) 
  • Vitamin D 
  • Oestrogel (obat oles) 
  • Utrogestan (obat dari bawah) 
  • Duphaston (obat oral) 

Item yang dicek di lab antara lain D Dimer, G6PD, ACA-IgG, ACA-IgM, dan TSH. Hasil labnya ternyata menunjukkan ACA IgM saya elevated (angkanya saat itu 9,5). Hasil ini menunjukkan saya ada indikasi ke arah autoimun, tapi belum bisa disebut autoimun juga karena angkanya masih di bawah 20. Dan memang angka ACA IgM saya cenderung naik dalam beberapa minggu awal (dicek berkala) karena tubuh menganggap kehadiran janin sebagai benda asing yang harus dilawan. Makanya Dokter Ben sempet komen jangan-jangan salah satu penyebab lain selain PCOS yang membuat saya susah hamil bisa jadi karena ini. Mungkin saya dulu pernah hamil tapi keguguran terus (who knows?) Akhirnya diputuskan saya harus suntik pengencer darah (Diviti) tiap hari! huhuhu😭 Karena banyak obat yang harus saya konsumsi dalam satu hari, saya sampai nyetel alarm supaya nggak ada yang terlewat. 

Hamil Kembar

Saat kontrol pertama kali setelah pengumuman hamil, saya nggak di USG karena katanya masih belum kelihatan apa-apa. USG dilakukan 2 minggu setelah dinyatakan positif hamil. Saat dilakukan USG pertama kali, kagetlah kami karena di layar terlihat ada 2 kantong janin tapi hanya ada 1 yang ada detak jantungnya. Mungkinkah saya hamil kembar?? Kata dokter, yang satu bisa berkembang bisa juga tidak. Misal tidak berkembang maka biasanya akan hilang dengan sendirinya. Jujur perasaan saya nano nano... di satu sisi saya kasihan jika salah satunya "menghilang", sedangkan jika beneran ada 2 janin dalam rahim saya, saya juga nggak mbayangin gimana ngasuh 2 anak barengan wkwk. Saya hanya berdoa semoga Allah beri yang terbaik apapun itu. 2 minggu kemudian saya kontrol untuk di USG kembali. Saat itu saya kebetulan datang sendiri karena suami nggak bisa menemani. Allahuakbar ternyata saat dicek  ada detak jantung di kedua kantong janin, yang artinya saya mengandung bayi kembar!😮😭 Saya chat suami hasilnya dan respon suami adalah tertawa dan komen "kok bisa hamil kembar itu loh..." Padahal doa kami hanya minta diberi seorang anak, tapi malah langsung diberi dua masya Allah...sungguh Allah Maha Pengasih, Maha Pemberi, dan yang paling tau apa yang terbaik buat hambanya. Jujur saya cukup "biasa" aja responnya waktu tahu hamil kembar. Kalau Allah memang menakdirkan saya punya anak kembar maka insya Allah saya akan dimampukan untuk merawat dan mendidik mereka. Aamiin Allahumma Aamiin...
FYI karena yang dimasukkan ke rahim saya 2 embrio dari 2 telur dan 2 sperma yang berbeda maka anak-anak  saya adalah kembar fraternal. Kembar fraternal bisa berjenis kelamin sama maupun berbeda. Jujur kalau boleh minta sih pinginnya langsung sepasang (laki-perempuan) gitu yaa hihi tapi apapun itu nanti yang penting bayi-bayinya sehat semuaa 💗


Sumber: https://raisingchildren.net.au/pregnancy/health-wellbeing/twin-pregnancy/twins


Keluhan yang Muncul

Obat-obatan saya gunakan sampai di week 10, kecuali utrogestan lanjut sampai week 12 karena pertimbangan hamil kembar. Suntik Diviti berhenti setelah angka ACA-IgM saya turun, kira-kira setelah 2 bulan. 

Awal-awal kehamilan saya masih ngerasa fine-fine aja. Saya masih bisa puasa dan aktivitas biasa, nafsu makan pun normal. Masuk minggu kedua puasa Ramadhan saya mulai ngerasa mual (tapi nggak muntah), jd saya mutusin nggak puasa (akhirnya saya punya utang puasa 18 hari).  Mulai dari week 8 sampai seterusnya mual muntah saya memburuk. Sebenernya saya nggak rewel makan, makan apa aja mau dan nggak mual karena bau makanan jadi masih bisa masak di dapur. Cuma habisnya makan mesti dikeluarin alias dimuntahin huhu. Trus rasanya tiap hari itu kayak mabuk gitu loh, jadi susah mikir. 

Saya juga sempat mengalami pendarahan seminggu setelah FET. Kalau lihat timingnya sebenernya agak rancu karena pendarahan saat itu bisa berarti pendarahan karena ada implantasi janin di rahim atau memang tanda haid. Waktu itu sama dokter Ben saya langsung disuruh ke Morula untuk dapat suntik tambahan penguat rahim dan disuruh bedrest. Saya sudah nyiapin mental pesimis, kayaknya belum rejekinya hamil deh..eh tapi ternyata saya salah hehee. Selain ini saya sempet ngeflek 2x lagi (ngeflek aja nggak sampe yang berdarah gitu) di minggu-minggu awal kehamilan. Saya diminta untuk bedrest dan Dokter Ben menaikkan dosis utrogestan. Jujur untuk perkara bedrest ini saya nggak bener-bener bedrest ya, mungkin hanya nggak banyak-banyak keluar dari apartemen.  




Comments

Popular Posts