Mbolang Kilat ke Yogyakarta

Keputusan buat pergi ke Yogya bisa dibilang sangat impulsif.  Karena selama 3 tahun pandemi ini saya beneran nggak pernah naik kereta api atau pesawat 😣 Paling jauh ke Jawa Tengah juga pake jalur darat alias mobil. Padahal saya sangat enjoy sama yang namanya jalan-jalan sendiri naik transportasi umum. Kangen banget gitu loohhh mbolang sendiri huhu...Karena momennya pas suami pergi ke luar kota dan saya juga kosong di hari-hari itu, saya minta ijin pingin pergi sendiri wkwk. Ya jelas ditolak ya awalnya, katanya kalau bisa ada yang nemenin. Saya coba tuh cari-cari temen apa ada yang bisa, tapi kebetulan nggak ada yang bisa (yes! hahaha karena niatnya emang pingin sendiri 😜). Alhamdulillah akhirnya diijinin dengan syarat nggak pergi jauh-jauh, bawa perlengkapan perlindungan diri wkwk, plus jadwalnya diatur yang paling aman gimana buat jalan-jalan. Aslinya pingin banget ke luar pulau kayak Bali atau Lombok, tapi kayaknya nanggung banget kalau cuma 2 hari aja dan biayanya lebih besar kalau sendirian dengan nyewa travel. Jadilah pilihannya jatuh ke Yogya yang ada di tengah-tengah dan masih masih banyak wisata ijo-ijo atau biru-biru (maksudnya bisa milih mau gunung atau laut). Sebenernya saya nggak terlalu suka Yogya, terutama di kotanya karena terakhir kali kesana tahun 2017 itu kejebak macet. Tapiii karena ada pilihan wisata alam tadi dan biayanya yang masih oke, akhirnya gapapa deh ke Yogya daripada nggak kemana-mana hehe.

Pemandangan dari jendela kereta

Saya sampai di Stasiun Tugu Yogya siang dan langsung makan di Yamie Panda rekomendasinya Ikho yang katanya enak banget. Dan ternyata alhamdulillah emang enak hehe apalagi harganya terjangkau banget. Sayang waktu saya dateng dimsumnya banyak yang habis, jadi saya nyobain yang ada aja. Mas grab yang anter saya ke Yamie Panda nawarin buat nganter ke hotel sekalian. Hotel saya ada di Sleman, sekitar 20 km dari kota Yogya. Karena lebih murah naik motor dan pasti lebih cepet (ngeliat lalu lintas yang padat merayap), saya akhirnya mengiyakan. Habis makan, cuaca yang tadinya cerah tiba-tiba mendung. Saya berdoa supaya hujannya ntar aja kalau sampai hotel. Tapi ternyata hujan turun lebih cepet dan langsung dereeees banget. Saya pakai jas hujan tapi celana saya basah kuyup karena kena cipratan mobil dan motor yang ada di kanan kiri wkwk nasib wes. Saya ngerasa serem waktu dilewatin jalan kecil-kecil dan nanjak dan ngeliat si hotel tuh ada di atas. Posisi lagi hujan deres dimana air warna coklat ngerembes ke bawah, berasa kayak melawan arus gitu lho, takut kalau longsor😅Alhamdulillah untungnya nggak lama akhirnya sampai di hotel dengan selamat.

Gambar kiri adalah batu vulkanik yang jatuh di daerah itu karena letusan Gunung Merapi
sedangkan yang kanan adalah Candi Sumberwatu

Hujannya awet gaes dari saya dateng sampai besok paginya. Jadi rencana saya yang pingin liat sunrise dan sunset gagal total huhuu padahal udah sengaja milih hotel yang posisinya tinggian gitu. Alhamdulillahnya hotelnya nyaman, sepi (mending nggak kemana-mana deh pas malem), dan pemandangannya baguss. Jadi saya bener-bener nikmati me time di hotel aja pas itu.

Pemandangan dari area Sumberwatu Heritage dan Abhayagiri Restaurant
Terlihat di kejauhan ada Gunung Merapi dan Candi Prambanan (plus Candi Sojiwan kayaknya wkwk)

Jam 10 pagi alhamdulillah gerimis berhenti dan mendadak cerah. Nggak lama saya langsung check out deh takut keburu hujan lagi. Next saya pingin mampir ke Candi Ratu Boko karena belum pernah. Aslinya pingin ke Prambanan juga karena sudah lupa bentukannya kayak gimana meski kayaknya pas kecil sih udah pernah yaa. Tapi karena waktu terbatas yaudah lah saya putusin ke Ratu Boko aja. Ratu Boko ada di "bawah" hotel tempat saya nginep. Saya kesana naik grab motor dan beruntung banget dapet mas grab yang udah kayak tour guide profesional. Masnya ini orang asli sana jadi tau banget tempat wisata berikut sejarahnya, intinya dia ramah dan knowledgeable banget deh. Sepanjang jalan saya ditawarin apa mau lihat candi ini candi itu (karena memang banyak banget tersebar di daerah itu) trus ditunjukin Tebing Breksi sekalian (tapi nggak masuk). Cuci mata banget selama perjalanan karena jalannya naik turun dan ngelewati persawahan. Tapi ada satu cerita masnya yang bikin saya kepikiran mengenai sejarah hotel-hotel yang berdiri di daerah perbukitan itu. Hotel yang saya tempati berdiri di situs Candi Sumberwatu dan menjadi pelopor berdirinya hotel-hotel lain di daerah itu. Harusnya kan situs bersejarah dilindungi ya, kok bisa malah dijadiin kawasan hotel...?

Tiket masuk Ratu Boko sebesar 40 ribu untuk wisatawan domestik. Saya itu baru ngeh pas masuk ke kompleknya kalau Ratu Boko itu bukan candi yang cuma ada 1 gitu. Yang bener sebutannya adalah Kraton Ratu Boko karena ini semacam reruntuhan kompleks kerajaan (kraton) yang lumayan luas. Yang saya kira (dan yang sering muncul di foto-foto) sebagai Candi Ratu Boko itu ternyata gapuranya doang wkwk. Menurut keterangan yang tertera di website, disebut Ratu Boko karena menurut legenda situs tersebut merupakan istana Ratu Boko, ayah Lara Jonggrang. Diperkirakan situs Ratu Boko dibangun pada abad ke-8 oleh Wangsa Syailendra yang beragama Buddha, namun kemudian diambil alih oleh raja-raja Mataram Hindu. Peralihan ‘pemilik’ tersebut menyebabkan bangunan Kraton Boko dipengaruhi oleh Hinduisme dan Buddhisme. Di kompleks Kraton Ratu Boko, kita bisa menemukan gapura, candi pembakaran, kolam, paseban (kalo nggak salah katanya area yang menuju pendopo), pendopo, keputren (di belakang sendiri, saya nggak kesana karena jauuh udah males haha), dua ceruk gua untuk bermeditasi, dan dua kiara pandang (nggak kesana juga karena letaknya tinggi jadi tangganya buanyak). Kraton Ratu Boko punya pemandangan yang bagus karena letaknya di ketinggian dan area hijaunya juga luas banget.

Beberapa bagian yang bisa ditemukan di kompleks Kraton Ratu Boko,
seperti pendopo (gambar atas), gerbang (gambar kiri bawah), dan goa (gambar kanan bawah)

Dari Kraton Ratu Boko, saya langsung otw ke kota karena takut macet dan sebagainya. Saya putuskan naik grab motor lagi aja biar nggak ribet. Ternyata saya dapet mas grab yang tadi haha. Sempet mampir ke rumah mas grabnya buat ambil charger karena hapenya dia lowbat padahal dia mau narik di kota. Sepanjang jalan mas grabnya curhat yang dia mau nikah, trus cerita-cerita unik selama dia jadi ojol, sambil nyerocos tentang adeknya yang jadi penari Ramayana di Prambanan, candi ini candi itu (ada Candi Sambisari yang ada di bawah tanah, baru tau euyy), tempat nikahan anaknya Jokowi kemarin, macem-macem deh 😂 Hiburan banget perjalanan sejam diceritain ini itu wkwk. Kebayang kan naik motor aja sejam, gimana naik mobil...

Saya nyoba makan siang di resto Mediteranian gitu. Gaya banget milih resto aneh-aneh karena ternyata saya nggak cocok sama rasanya hahaha. Tapi saya suka banget vibesnya yang kayak di Eropa, apalagi beberapa pengunjung disana juga orang asing. Jam 3 kurang saya sudah otw ke stasiun Tugu lagi karena takut telat. Kebetulan hari itu emang lagi long weekend jadi nggak heran Yogya rame banget. Jam 5 sore saya udah di kereta perjalanan ke Surabaya. Bener-bener singkat banget mbolang kali ini dan nggak banyak tempat yang saya kunjungi plus keinginan bisa liat sunset atau sunrise juga gak bisa karena mendung terus. Anyway, yang penting buat saya adalah perjalanannya itu sendiri, bukan sekedar destinasinya. Semoga ada rejeki waktu, kesehatan, dan uang lagi supaya next bisa jalan kemanaa gitu aamiin!