Review Produk yang Environmentally Friendly


Akhir-akhir ini ngerasa cuaca di Surabaya aneh banget, dan cenderung ekstrim. Harusnya musim hujan, eh masih panas. Harusnya musim kemarau, hujannya masih muncul. Sekalinya hujan, anginnya serem banget. Kadang pagi puanas, tapi setelah itu bisa mendadak hujan. Kacau gitu lah. Yakin banget sih ini gara-gara global warming karena anomali cuaca maupun iklim terjadi nggak hanya di Indonesia aja tapi di berbagai dunia. Global warming sendiri erat kaitannya dengan penggunaan plastik yang sehari-hari kita pakai yang nantinya akan berujung pada sampah plastik. Proses produksi plastik hingga tahap pembuangan dan pengelolaan sampah plastik mengeluarkan banyak gas rumah kaca ke atmosfer (sumber ).  Menurut penelitian yang terbit di jurnal PLUS ONE, plastik dapat mengeluarkan gas metana dan etilena saat rusak atau saat terkena sinar matahari (sumber). 

Karena itu saya bertekad pada diri sendiri untuk mengurangi penggunaan plastik dalam kehidupan sehari-hari dengan tujuan mengurangi sampah plastik. Meski susah, tapi lebih baik dimulai dari sekarang dengan hal-hal kecil yang mudah yang bisa saya lakukan sendiri. Awalnya saya berniat mengurangi sampah pembalut dengan mulai menggunakan pembalut kain. Banyak juga yang nyaranin pakai menstrual cup tapi jujur aja saya nggak berani wkwk. Saya iseng aja ngetik kata kunci pembalut kain di marketplace Shop** dan saat itu yang muncul di atas adalah produk dari Kindkain. Saat saya telusuri lagi, produk Kindkain ini bermacam-macam dan menarik bangett. Sejujurnya saya pingin beli semua haha tapi berhubung harganya nggak murah, ya dicicil deh jadinya. Produk Kindkain yang saat itu beli dijual di toko yang namanya Bulk Source (disini juga jual banyak produk makanan "sehat"), tapi selain disitu juga ada beberapa toko lain yang menjual produk Kindkain. 

Menspad Day, Bowl Cover, dan Sponge kain 


Pantyliner dan Menspad insert

Tampak atas sebelum dilipat 

Tampak atas setelah dilipat

Tampak belakang

Bagian buat masuin tambahan menspad 


Gimana rasanya pake pembalut kain? Sebenernya nggak jauh beda sih sama pake pembalut biasa. Tiap 3-4 jam aku cek dan ganti. Jujur aku belum berani pake pembalut kain ini di hari pertama pas lagi deres-deresnya hehe. Aku pake di hari kedua gitu dan alhamdulillah nggak bocor nggak gampang lepas juga. Membersihkan pembalutnya sendiri gampang, tinggal dialiri air aja darahnya udah keluar sendiri. Trus pas ngucek untuk bersihin bekas darah juga gampang, nggak butuh effort yang banyak lah. So far so good. Pantyliner dipake di akhir-akhir waktu haid maupun dipake sehari-hari juga oke. 

Niat beli bowl cover kan biar nggak pake wrapping plastic ya untuk urusan nutupin wadah makanan. Ternyata pas beli itu ditanya mau ukuran apa (ada S,M,L) dan aku nggak ngeh ada itu, jadi aku nggak request. Dapetnya ukuran S yang itu kekecilan buat ukuran tutup wadah di apartemen huhu. Untuk sponge kain yang buat cuci-cuci piring dkk sejauh ini oke-oke aja dan tetep bisa bersih kok. 

Terus suatu hari waktu nyari sabun lerak saya nemu toko organicenter.id di Shop** dan nggak jauh tempatnya ada di Sidoarjo. Saya akhirnya check out sabun lerak, sikat gigi bambu, sama beewax wrap hihi. Menarik banget produk-produknya dan harga terjangkau meski pilihannya nggak sebanyak di Bulk Source. 
 



Mungkin segitu dulu review saya tentang produk-produk ramah lingkungan. Next kalau ada produk baru yang dibeli bakal saya update lagi disini 😆 Semoga bisa konsisten buat ngurangin penggunaan plastik setidaknya dari diri sendiri dulu😁

Comments

Popular Posts