Drama Gelombang Kedua COVID-19 2021


Ini cerita yang sangat-sangat terlambat sih. Cuma baru ada mood buat nulis tentang ini sekarang hehe. Dulu nggak kepikiran buat dijadiin tulisan, tapi setelah dipikir-pikir kejadian gelombang kedua COVID-19 di tahun 2021 kemarin itu cukup membuat heboh dan ketakutan dimana-mana, termasuk keluarga saya. Makanya kayaknya sayang yah kalau nggak diabadikan dalam tulisan 😊

Ceritanya akhir Juni 2021 (agak lupa tanggalnya)  saya nginep semalem di rumah mertua karena sorenya mau vaksin dosis kedua di Klinik Nurani, klinik punyanya mertua di daerah Sukodono. Waktu itu saya nggak enak badan karena KIPI meski nggak separah waktu habis vaksin dosis pertama. Jadi saya lebih banyak tiduran di kamar, nggak interaksi sama anggota keluarga lain. Besokannya saya dan suami udah balik ke apartemen lagi dan saat itu semua baik-baik aja kondisinya. Hari Seninnya, saya mencuri dengar suami lagi telponan sama budhenya, yang memang dari dulu sudah lama tinggal bareng sama mertua. Katanya sejak hari Jumat lalu (waktu kami posisi di rumah mertua itu) beliau sebenarnya sudah nggak enak badan, keluhannya mual muntah-muntah. Sama suami disarankan untuk PCR langsung karena curiga tanda-tanda COVID-19. Waktu gelombang varian Delta itu kan memang virusnya nyerang lambung juga, jadi banyak pasien yang gejala awalnya itu masalah di perut. Mungkin agak beda sama gelombang varian Omicron yang terjadi sekarang, dimana gejalanya mirip banget sama flu biasa. Besoknya hari Selasa di grup WA keluarga suami, saya kaget lihat ibuk mertua ngeshare kalau hasil PCR nya positif. Suami baru cerita kalau ibuk hari Senin itu badan nggak enak kayak nggreges gitu, meski waktu swab itu badan udah enakan katanya. Terus budhe ternyata pas hari Jumat malam itu dengan posisi nggak enak badan pergi ke Kendal Ngawi, rumah neneknya suami, karena ada tamu penting jadi mau nggak mau harus pulang. Dan ternyata nya lagi neneknya suami posisi juga sakit sekarang. Ya Allah...udah bisa dipastikan lah kalau ini COVID-19 klaster keluarga... 😰

Di hari Rabu, saya dan suami nengok ke rumah mertua buat nyiapin semua obat dan peralatan perang plus briefing orang rumah protokol isoman kayak gimana, antara lain:

  • Kamar pasien positif dibedakan dengan yang sehat, kalau bisa baik kamar tidur dan kamar mandi sendiri-sendiri. Kalau nggak bisa, untuk pemakaian kamar mandi misalnya sebaiknya diberi jeda.
  • Semua orang di rumah wajib pakai masker double.
  • Peralatan makan kalau bisa yang sekali pakai saja untuk pasien positif, jadi nggak perlu nyuci.
  • Baju didisinfektan terlebih dahulu sebelum dimasuin keranjang baju kotor, nyucinya juga dipisah dengan yang sehat.
  • Dalam sehari lapor ke suami 3x terkait saturasi, nadi, dan suhu tubuh. 
  • Mbak rewang dijadikan suster dadakan dengan dibekali APD (baju kayak hazmatnya beli di marketplace, tapi rada tipis. Kalau yang kayak hazmat beneran entah harganya berapa..)
  • Makan minum air yang banyak, perbanyak buah sayur. Tapi secara umum bebas makan apa aja yang penting harus makan. Minum obat dan vitamin sesuai arahan dokter.
  • Berjemur tiap hari.
  • Sedia tabung oksigen buat jaga-jaga.

Suami juga langsung nyuruh bapak mertua, adik ipar, dan rewang di rumah untuk di swab semua. Yang dikhawatirkan banget itu bapak, karena beliau punya komorbid jantung dan diabetes. Apalagi pas kami dateng itu, bapak udah ada batuknya meski dikit. Alhamdulillah waktu di akhir Juni itu kasus COVID-19 nya belum serame pas di bulan Juli (meski konsisten naik terus ya), jadi hasil swab pun masih bisa diterima relatif lebih cepat. Suami juga masih sempat beli avigan untungnya karena setelah itu antivirus bener-bener susah didapet ,kalaupun ada harganya udah mehol bangeeeett. Meski menurut saya waktu beli avigan 1 boks itu aja harus ngeluarin uang 3 juta hiksss tapi gimana lagi demi kesehatan keluarga. Besoknya keluarlah hasil swabnya dan ternyata bapak positif, sedangkan adik ipar serta rewang negatif semua. Alhasil, adik ipar diungsikan dulu ke apartemen studionya karena rumah depan dan rumah belakang (kebetulan rumah mertua itu dua rumah dijebol jadi satu) sudah "terkontaminasi", sedangkan mbak rewang punya kamar sendiri di lantai atas jadi masih relatif aman.

Saya dan suami sempat nengokin adik ipar ke apartemennya di hari Kamis kalau nggak salah. Malem Kamis itu, suami mulai batuk-batuk. Jujur saya mulai curiga dan merasa nggak aman wkwk. Pas suami batuk, saya tutupin diri saya pake selimut 😂 Sebenernya suami sering batuk, utamanya kalau malam kan dingin, dia punya alergi gitu. Tapi ya gimana kondisi suami kan juga resiko tinggi karena tiap hari nangani pasien COVID-19, jadi saya curiganya ke arah situ. Pas Hari Jumat, adik ipar mulai ngeluh badan nggak enak dan batuk, suami pun batuknya juga lebih sering. Waduhh...adik ipar akhirnya berangkat swab sendiri, saya dan suami juga pergi swab di Hari Sabtu. Jeng jeng jeng..hasilnya adalah mereka berdua positif tapi saya negatif! Alhamdulillah sih iya yaa..tapi saya waktu itu kepikiran banget karena semuanya positif. Suami akhirnya ngungsi sekalian ke rumah mertua karena kebetulan ada 1 kamar kosong di rumah belakang dan biar dia bisa ngawasin orang rumah sekalian, sedangkan adik ipar tetep di apartemen. Saya sendiri tetep stay isoman di apartemen selama kurang lebih seminggu untuk memastikan saya bener-bener nggak ada gejala. Baru setelah itu sama suami diijinin tinggal di rumah nenek (tempat keluarga saya tinggal juga) selama seminggu sambil nunggu suami dan keluarga sembuh total. 

Suami awalnya pede dia bakal pulang cepet karena nganggep gejalanya bakal ringan kayak pas dia positif tahun 2020 lalu. Ternyata oh ternyata dia tepar banget, gejala covidnya keluar semua mulai dari demam tinggi sampai anosmia. Bersyukurnya dia nggak harus berjuang di RS ya waktu itu, karena di RS pun serem banget...orang meninggal udah kayak pindang dijejer-jejer 😭 Buat yang tinggal di Indonesia waktu itu pasti tau lah ya gimana chaosnya keadaan. Hampir tiap hari ada berita duka di grup-grup WA dari orang terdekat kita, orang-orang kebingungan cari tabung oksigen, nelpon ke RS udah penuh dimana-mana nggak ada yang bisa nerima...It was a real nightmare! Saya yang nggak sakit aja pas itu ngerasa anxiety parah, lumayan stres karena kepikiran semua orang positif. Tiap hari saya kepikiran apa saya juga bawa virus ya,jadi takut kalau mau ke rumah nenek. Waktu saya ngukur nadi angkanya aja tinggi banget wkwk, bahkan saya aja bisa ndenger detak jantung ini degupnya kenceng sekali yaa. Ketakutan saya toh juga nggak terbukti karena selama saya di rumah nenek alhamdulillah saya dan semuanya sehat-sehat aja. Tapi saya emang selalu pake masker pas di rumah, bahkan waktu tidur pun saya pake daripada kenapa-napa. 

Di tengah-tengah periode keluarga isoman itu juga ada hari-hari yang bikin hati mencelos. Nenek suami akhirnya meninggal dunia karena saturasinya terus menurun. 😭 Padahal selama ini beliau termasuk sehat, nggak ada sakit yang gimana gitu palingan cuma stroke ringan. Tapi gimana lagi beliau juga sudah tua dan varian Delta ini kan memang ganas ya... Setelah kabar duka itu besokannya atau luasanya atau beberapa hari setelahnya (saya lupa) suami tiba-tiba ngechat saya dengan emoji nangis-nangis, katanya saturasi bapak tiba-tiba turun. Menurut pengalamannya dia selama ini ngerawat pasien COVID-19 dengan komorbid, kemungkinan bisa balik normal itu kecil. Dia ngerasa kayak hopeless gitu...😖 Waktu itu diputuskan bapak langsung dibawa ke RSUD Soetomo sebelum keadaan makin memburuk. Sebenernya secara klinis kondisi bapak waktu itu kayak nggak ada apa-apa karena kesadaran juga masih penuh. Tapi ya sebelum itu menjadi lebih buruk, suami pingin mantau lebih ketat dengan fasilitas yang ada di RS plus bisa mantau pemberian oksigen juga. Padahal, kondisi suami waktu itu juga belum sembuh bener, tapi dia maksain buat ngerawat bapak sendiri di IGD RS. Qadarullah, perkembangan bapak di RS selama setengah hari hasilnya positif. Saturasinya membaik dan nggak ada keluhan lain sehingga suami mutusin buat pulang aja karena percuma di RS nggak ada kamar. Yang penting situasinya sudah aman terkendali. Alhamdulillah setelah itu bapak nggak ada keluhan lagi dan semuanya sehat seperti sedia kala...🙏

Begitulah cerita sedikit tentang drama per-covid-an yang qadarullah sampai sekarang pun belum selesai ya..sekarang Indonesia lagi masuk gelombang ketiga dengan varian Omicron. Orang-orang terdekat saya sudah mulai banyak yang positif lagi. Tapi alhamdulillah kali ini katanya mortalitasnya lebih rendah daripada varian Delta. Meski begitu, kita nggak boleh lengah karena info dari suami RS Soetomo pun sekarang sudah penuh. Tetep COVID-19 ini fatal buat lansia dan yang berkomorbid, meski sudah 2x divaksin. Pantes aja ya waktu om saya kena covid di bulan Maret 2021 itu sampek gagal napas (another drama), karena waktu itu belum ada vaksin buat masyarakat umum. Nggak ada habisnya lah kalau ngomongin covid hehe...Hanya bisa berdoa dan bersabar semoga wabah ini diangkat oleh Allah dan kita semua diberi kesehatan serta umur panjang yang berkah aamiin ya Allah ya Mujiib 🙏


Comments

Popular Posts