Kenapa S2 di Indonesia?


S1 nya di Jepang kok habis itu nerusin S2 nya disini?

Kenapa nggak nerusin langsung disana aja? 

Ngapain S2 disini apa nggak sayang? 

dst...

adalah beberapa pertanyaan yang sering saya dengar dari orang-orang. Makanya kadang tuh saya males njawab pertanyaan sekarang kuliah dimana karena selalu ujung-ujungnya dikomentarin kayak gini. Yang nanya nggak salah sih, tapi saya juga punya hak untuk nggak mau njelasin kan ya😏. Jadi saya seringnya bilang "wah ceritanya panjang", beres deh wkwkwk.

Kalau mau ngomongin kondisi ideal ya, planning saya juga nggak langsung pulang habis dari Jepang. Rencana saya waktu itu adalah pingin ngelanjutin S2 di UK dan saya udah gooling macem-macem tuh untuk persiapan S2 sejak kuliah S1. Tapi, qadarullah kondisi saya nggak memungkinkan waktu itu dan keputusan terbaik yang bisa saya ambil adalah pulang dulu coba nyari kerja di Indonesia. Setelah beberapa bulan di rumah dan job hunting, culture shock itu jelas ada dan mama saya nyaranin mending saya nyari beasiswa S2 aja diluar daripada saya stres disini. 😅 Kalau temen-temen baca tulisan saya sebelumnya di blog ini pasti sudah tau kalau saya sudah dapet LoA di University of Sydney tapi sayangnya saya nggak berhasil dapat beasiswa apapun sehingga dengan berat hati saya harus melepas LoA tersebut. 

Eh ternyata rejeki saya malah dapat suami hehe dan setelah itu alhamdulillah sempet kerja lagi di konsulat. Namun memang dari lubuk hati itu masih kepingin buat kuliah S2. Karena suami juga dapet kuliah spesialis di Unair, akhirnya saya putusin buat daftar LPDP tujuan ke Unair juga biar sekalian bareng gitu. Karena prinsip saya juga yang nggak mau LDRan, makanya pilihan kuliah di luar negeri udah saya coret. Saya sih nggak nyesel ya karena saya percaya rejeki itu memang sudah diatur Allah dan kalau saya sekarang S2 disini bukan berarti kesempatan buat menuntut ilmu di luar akan tertutup. Siapa yang tau masa depan kayak gimana? Selain pertimbangan keluarga saya juga pingin nambah network, biar kenalannya nggak hanya yang berkaitan dengan kejepang-kejepangan aja hehe, dan biar lebih paham medan plus masalah real disini tuh kayak gimana. Nah kok kebetulan ya pas tahun 2020 itu pandemi, jadi kalau mau kuliah di luar juga agak ribet (banyak temen yang mau kuliah di LN harus menunda dan persyaratan pun makin ribet) jadi saya yakin ya udah ini nasib dan keputusan terbaik dari Allah buat saya. 

Menurut saya, idealnya kalau S1 nya diluar jangan pulang sekalian hehe. Kayaknya emang lebih enak langsung berkarir di luar gitu (ngeliat temen-temen dan berdasarkan pengalaman pribadi). Kalau jangka panjangnya emang mau berkarir di Indonesia, S1 disini dulu terus baru S2 atau S3 di luar negeri mungkin pilihan yang lebih pas karena saat pulang nanti seenggaknya sudah punya afiliasi jadi nggak bingung kerjaan dan network disini juga sudah terbentuk. Karena saya ngerasain sendiri kekurangan waktu pulang ke Indonesia itu kurangnya kenalan dan juga nggak tau apa-apa tentang dunia real disini. Sampai sekarang pun saya juga masih berusaha beradaptasi dan membangun network sedikit demi sedikit. Bismillah slow but sure...

Life is full of unexpected things jadi go with the flow aja.  Nggak ada yang salah dan bener, yang namanya ideal itu tergantung kebutuhan dan keadaan plus semua pasti ada resikonya masing-masing. Kita punya rencana tapi balik lagi semua keputusan ada di tangan Allah.  

Comments

Popular Posts