Gapura Digital

Apa itu Gapura Digital?

Kalo liat postingan saya sebelumnya waktu ke Koridor, saya nemu Gapura Digital Corner disana. Saya sempet bingung juga, ini maksudnya Gapura Digital apa ya? Cuma ada tulisan google gitu aja tapi nggak nggak ada keterangan lebih lanjut. Akhirnya saya cuma foto terus berencana cari tau nanti. Eh taunya saya lupa haha dan baru inget beberapa hari kemudian. Saya googling "gapura digital" dan muncul website ini. Ternyata Gapura Digital itu semacam program CSR dari google dimana mereka bantuin UKM buat memasarkan usahanya secara digital dengan ngadain seminar atau workshop. Di Indonesia diadain di beberapa kota besar, Alhamdulillah di Surabaya juga ada. Waktu pertama kali liat saya langsung tertarik banget buat ikut, apalagi gratis hehe. Selain nambah ilmu buat jualan Buku dan ngembangin mentoring program yang lagi saya buat, menurut saya belajar digital marketing di zaman sekarang yang serba digital itu penting banget.
Di Surabaya, Gapura Digital ada setiap weekend di Hotel Cleo Jemursari dan di Siola. Ada 4 kelas dasar yang bisa diikuti oleh pemula dan tiap kelasnya sekitar 3 jam. Lalu ada 2 kelas handal yang merupakan kelas lanjutan dari kelas dasar sebelumnya serta kelas WomenWill yang khusus diadakan untuk perempuan. Untuk kelas handal kebetulan saya belum ikutan, ada rencana sih nanti kalau yang di kelas pemula teori-teorinya sudah dicoba dipraktekkan. Soalnya jujur, saya yang nggak punya background IT dan agak males ngurusin hal-hal berbau internet yang bersifat teknis agak puyeng waktu ndengerin penjelasan-penjelasan yang agak rumit haha. Ohiya kalo kita ikutan semua kelas di kelas pemula dan di kelas handal nantinya bisa dapet sertifikat juga lho! Kalo yang WomenWill saya belum pernah ikutan juga karena materinya sepertinya lebih penting yang di kelas pemula dan kelas handal. Mungkin sesi WomenWill ini  lebih ke woman empowerment, berbagi kisah-kisah sukses dari pebisnis perempuan. Next time kali ya kalo ada waktu dan lagi tertarik dateng saya bakal dateng hehe. Untuk jadwal masing-masing program bisa diliat di website gapura digital di atas. Nah di bawah ini saya mau share dikit materi di kelas pemula kemarin. Semoga bermanfaat ya meskipun mungkin saya nggak terlalu paham apa yang saya tulis :p *harapdimaklumi*

Materi kelas siap digital untuk pemula di Gapura Digital

  • Konsep atau formula yang dilakukan orang (atau anak muda ya kayaknya) di zaman digital sekarang ini:
  1. think
  2. search
  3. find
  4. click
  5. engage
  6. buy
  • Menggunakan fitur google bisnisku (google my business) untuk memasarkan bisnis kita. Keuntungannya yaitu bias mendapat website gratis dan listing di google search. 
  • Bisnis seperti apa yang dicari Google? Jika bisnis/usaha kita menjadi solusi bagi masyarakat.
  • Riset pasar secara online dengan menggunakan google trends untuk membantu menemukan kata kunci (keywords) yang berhubungan dengan bisnis kita.
  • Apa yang dilacak google untuk saat visitor mengakses halaman/website kita:
  1. jumlah visitor
  2. siapa dan dimana  
  3. cara menemukan
  4. waktu yang dihabiskan di website tersebut
  5. apa yang dilihat
  6. aktivitas visitor
  • Adwrods express adalah iklan berbayar dari google. Jadi produk/bisnis kita akan muncul pada halaman awal di google search (sesuai bidding letaknya dimana)
  • SEO : search engine optimization (organic/gratis)
  • SEM : search engine marketing (ads berbayar)
  • SEO > proses > traffic banyak > masuk di halaman pertama google > banyak klik > banyak traffic > profit banyak
  • SEO by onpage : desain website, konten, banyak kata kunci, link SNS/website lain, gambar video
  • SEO by offpage : backlink
  • Tips agar bisnis kita yang udah muncul di listing google banyak muncul di hasil google search dengan menggunakan SEO onpage:
  1. file foto yang di upload di rename dulu sesuai kata kunci (keyword) yang sesuai dengan bisnis.
  2. minta kenalan untuk review bisnis kita di google maps.
  3. sering posting dengan kalimat/kata-kata yang umum dipakai.
  4. heading menggunakan kata kunci yang sesuai.
  5. gunakan 2 heading dengan kata kunci yang sama.
  6. tambahkan link keluar yang berhubungan dengan postingan.
Di bawah ini saya sertakan link untuk mendownload materi versi pdf nya ya :)
Modul 2 -Google untuk Bisnismu
Modul 3 - Tops Website Efektif
Modul 4 - Tips Pengenalan SEO dan SEM




Comments

  1. pas banget ada artikel ini dan materinya, mkasih ya mba, saya ijin download. Kemarin saya diinfokan tentang acara ini tapi pas ngga bisa ikutan

    ReplyDelete
  2. Replies
    1. maaf saya kebetulan nggak ikutan yang sesi 1 makanya nggak tau linknya hehe

      Delete

Post a Comment

Popular Posts